Sabtu, 31 Januari 2009

Suara Kampus Dipimpin Perempuan

Padang Ekspress (29 Desember 2008)
Setelah berumur 30 Tahun, Tabloid Mahasiswa Suara Kampus periode kali ini dipimpin seorang perempuan. Ia diharapkan seperti “SK. Murti” pada Harian Merdeka, pada masa pers perjuangan tempo doeloe. Energik dan terus membuat perubahan. Tentu saja, berjuang membangun media kampus yang ideal.

Dialah Ade Faulina. Mahasiswi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah Semester VII ini, terpilih sebagai perempuan satu-satunya yang memimpin Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan IAIN Imam Bonjol Padang.

Suksesi pergantian kepengurusan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Suara Kampus di redaksi media mahasiswa tersebut, Gedung Studen Center Lt. 2 Kamis (25/12). Dihadiri 25 orang peserta, semuanya anggota Suara Kampus, baik yang baru maupun yang lama. Prosesi ini dinamakan, Rapat Akhir Tahun (RATA).

Sebelum proses pemilihan, pengurus sebelumnya memberikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang disampaikan Pemimpin Umum Islahuddin, dalam penyampaian laporan tersebut, Islahuddin mempertanggungjawabkan amanah yang telah diberikan setahun lalu.

“Laporan pertanggung jawaban ini saya rekap bersama pengurus lainnya selama saya memimpin Suara Kampus sejak November 2007 lalu, dan saya berharap untuk ke depan agar SDM di Suara kampus ditingkatkan lagi,” tutur Islahuddin.

Suasana forum juga penuh perdebatan anggota rapat. Tepat pada pukul 14.00 Para peserta rapat mengusulkan nama-nama calon pemimpin. Sehingga terapunglah lima orang calon yaitu Ade Faulina, Andri El Faruqi, Adil Wandi, Miftahul Hidayati dan Sofia Fitri. Dan setelah pernyataan kesediaan masing-masing calon, maka yang hanya maju sebagai pemimpin Ade Faulina. Secara aklamatif!

Rasa haru terpancar diwajah gadis kelahiran 1 Februari 1987 ketika kursi pimpinan Suara Kampus ia duduki. Terlebih ia merupakan pemimpin wanita pertama di Suara Kampus dan merupakan satu-satunya pimpinan wanita diantara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di kampus IAIN Imam Bonjol Padang.

Setelah pemilihan Pimpinan Umum diadakan pemilihan Pimpinan Redaksi yang akan mengelola keredaksian di Suara kampus. Sistim pemilihannya tak jauh beda dengan sebelumnya. Pada prosesi pemilhan tersebut juga muncul 5 calon yaitu Andri El faruqi, Adil Wandi, Sofia Fitri, Roma Gusti NW, Miftahul Hidayati serta Yisri. Dari beberapa kandidat yang dicalonkan, terpilihlah Andri El Faruqi sebagai Pemimpin Redaksi Suara Kampus periode 2008/2009.

“Kami akan menjalankan amanah ini dengan baik, majunya Suara Kampus kedepan juga tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, khususnya keluarga besar LPM Suara Kampus,” ujar Ade Pemimpin Umum Terpilih.

Untuk struktur kepengurusan akan segera dirancang oleh pemimpin – pemimpin terpilih dengan mempedomani struktur kepengurusan yang telah ada.

“Struktur kepengurusan di Suara Kampus nantinya akan diisi oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya,” tutur Andri Pemimpin Redaksi terpilih.
Dikatakan Andri, eksistensi pers kampus ini makin diuji dengan perkembangan media. Karena itu, media online adalah pilihan tepat ketika birokrasi tetap kejam. Selain itu, meneruskan amanat founding fhather Suara Kampus, Prof Dr H Shofwan Karim Elha MA, Drs. Yulizal Yunus MSi, Drs H Fachrul Rasyid, H St Zaili Asril, Emma Yohanna dan Adi Bermasa. “Tentu saja nama yang lain, tak tersebutkan bagi kami. Masih kami tunggu pemikiran para senior dan pembina,” tegas Andri optimis.

Beberapa nama mereka yang sempat disebutkan Andri, Silfia Hanani, Abdullah Khusairi, Elfiyon Yulinit, Muhammad Nasir, Maifil Eka Putra, Muhammad Taufik, Marhalim Zaini, Zelfeni Wimra, merupakan orang yang telah berkiprah di Suara Kampus.
“Kami ingin meneruskan dan sukses melebihi mereka,” Andri menanam impian. (rara)

Comments :

0 komentar to “Suara Kampus Dipimpin Perempuan”

Gubernur Sumbar periode 2010-2015 pilihan anda...?

 

Copyright © 2009 by Brangkas Online